Musik Sehatkan Pembuluh Darah

MENIKMATI musik favorit ternyata bukan hanya akan membuat hati riang dan tenang. Suatu riset di Amerika Serikat mengungkapkan, aktivitas mendengarkan lagu-lagu kesukaan dapat membuat pembuluh darah lebih menjadi sehat. Bahkan, efeknya juga menyerupai pengaruh obat-obatan pembuluh darah.

“Kami menemukan faedahnya cukup impresif. Diameter pembuluh darah membaik. Saluran pembuluh menjadi lebih terbuka secara signifikan. Anda dapat melihat pembuluh-pembuluh darah terbuka melalui berbagai aktivitas, seperti berolahraga,” kata Dr Michael Miller, Direktur Bagian Pencegahan Jantung di Universitas Maryland Medical Center, Baltimore.

Efek yang sama, kata peneliti, juga bisa dilihat melalui penggunaan obat-obatan jenis statin dan ACE inhibitor.

Ketika saluran pembuluh darah lebih terbuka, darah akan mengalir lebih lancar sehingga akan memperkecil peluang terjadinya penggumpalan darah yang akan memicu serangan jantung atau stroke. Pembuluh darah yang elastis juga dapat menghindarkan risiko pengerasan dinding pembuluh atau aterosklerosis.

“Kami tidak menganjurkan untuk menghentikan penggunaan statin atau kegiatan olahraga, tetapi ini (mendengar musik) dapat ditambahkan pada program kesehatan jantung secara keseluruhan,” ujar Miller yang mempresentasikan temuannya dalam pertemuan American Heart Association di New Orleans.

Dalam risetnya, Miller melibatkan 10 pria wanita sehat yang tidak merokok.  Partisipan diinstruksikan untuk menikmati musik favorit mereka selama setengah jam dan setengah jam lainnya mendengarkan musik yang dianggap mereka menyebabkan cemas. Selama mendengarkan musik, partisipan juga menjalani tes ultrasound yang didesain untuk memantau fungsi pembuluh darah.

Dibandingkan dengan rata-rata ukuran normalnya, diameter pembuluh darah para partisipan tercatat melebar sekitar 26 persen ketika para partisipan mendengar musik kesukaanya. Sedangkan ketika mendengar musik yang tidak disukai—pada kasus ini kebanyakan adalah heavy metal—pembuluh darah menyempit sekitar 6 persen, kata Miller.

Miller menuturkah, ide untuk melakukan penelitian ini diilhami hasil penelitian sebelumnya bahwa kebiasaan tertawa membuat aliran pembuluh darah menjadi lebih lancar. Dalam riset ini, kebanyakan partisipan memilih musik country sebagai favorit. Namun, Miller menegaskan, jenis musik favorit tentu bisa berbeda dan yang pasti haruslah menyenangkan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: