Rie and Ote

osinadvancedphotoshop

Ini merupakan design yang saya buat berdasarkan tutorial dari sebuah majalah Advanced Photoshop. Semua ornamen yang digunakan dalam design ini saya peroleh dari CD bonus dari malajah tersebut. Konsepnya sangat sederhana, hanya menggabungkan beberapa source gambar dan beberapa teknik dasar photoshop dan jadilah sebuah design yang artistik.

Untuk background dari design ini digunakan gambar awan yang digabungkan dengan warna merah kehitaman pada background. Untuk memperoleh efek seperti pada gambar, warna merah kehitaman pada background dibuat atau diisikan dengan gradient tools sehingga terbentuk kumpulan warna merah-hitam yang pekat dibagian bawah dan gambar awan yang terlihat menyatu dengan warna merah yang diisikan secara gradien.

Salah satu teknik yang digunakan adalah seleksi dengan menggunakan pen tools. Pen tools disini berfungsi untuk membuat seleksi baju si model, kemudian di beri efek fill dengan warna yang sesuai dengan pengaturan blending yang menjadikan bagian yang diseleksi terlihat transparan. Teknik blending juga digunakan pada objek bunga matahari sebagai background agar diperoleh efek glowing. Tak ketinggalan juga disini saya menggunakan eraser tool untuk membuat efek dari beberapa objek menjadi terlihat transparan, dengan mengatur nilai opacity yang rendah.

Design ini mempunyai satu kelemahan, yaitu pada seleksi baju orang yang terdapat dalam foto diatas belum sempurna, sehingga masih terlihat bekas hasil seleksi yang kurang sempurna. Memang tidak bisa dipungkiri, hal tersebut menjadi hal yang cukup rumit karena kita harus bekerja dengan teliti dan cermat menggunakan pen tools dalam menyeleksi tiap bagian baju. Bagian yang terpenting adalah pengalaman kita dalam menggunakan pen tools. Semakin sering kita menggunakannya, semakin baik hasil yang kita peroleh. Meski menggunakan pen tools adalah bagian yang tersulit dalam membuat sebuah design yang artistik. Perlu kesabaran yang cukup tinggi untuk menggunakannya. Semoga dapat bermanfaat bagi para designer pemula yang sedang giat mempelajari photoshop.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: