Teknik Clipping Mask dengan Adobe Illustrator CS3

harmony of pharmacy


Harmony of Pharmacy merupakan tema acara ulang tahun Pharmacy Udayana yang ke-3. Tema ini adalah simbolisasi dari keharmonisan yang terbentuk di kalangan civitas Jurusan Farmasi Udayana. Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah pula mahasiswa yang tergabung di dalamnya, dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda. Meski demikian, perbedaan bukanlah hal yang menyebabkan kita menjadi jauh satu sama lain, melainkan kita jadikan perbedaan tersebut menjadi sebuah harmonisasi yang akan mengantarkan kita menuju gerbang kesuksesan.

Design ini adalah salah satu artwork yang mewakili harmonisasi dalam perbedaan-perbedaan tersebut. Saya membuatnya dengan style pop-art, dengan sentuhan warna pink dan abu-abu tua. Seperti design-design sebelumnya, design ini saya buat dengan menggunakan Adobe Illustrator. Dalam design ini saya menggunakan teknik yang cukup sederhana, yaitu dengan sentuhan pengaturan penempatan layer pada masing-masing ornamen yang saya gunakan. Ornamennya sendiri hanya terdiri dari kumpulan bentuk-bentuk yang sederhana, berupa lingkaran dan persegi panjang dengan penambahan blending pada beberapa ornamen agar terlihat harmonis. Disamping itu, saya juga menggunakan teknik clipping mask pada beberapa ornamen seperti : bentuk kumpulan persegi panjang kecil yang di clip membentuk lingkaran dan juga pada sketsa seorang lelaki. Sketsa lelaki tersebut saya buat dengan membentuk kontur wajah dan badannya terlebih dahulu, kemudian kita siapkan kumpulan persegi panjang yang kecil dengan panjang yang mencukupi untuk meng’cover seluruh sket lelakinya. Kemudian saya menyatukan kedua ornamen tersebut (sketsa lelaki dan kumpulan persegi panjang) menjadi satu alignment, lalu diseleksi keduanya dan terapkan clipping mask. Maka akan terbentuklah sketsa lelaki dalam kumpulan garis-garis yang berbentuk persegi panjang kecil. Perlu diperhatikan disini bahwa penempatan layer sketsa lelaki tersebut menentukan hasil clipping mask. Pastikan bahwa sketsa lelaki yang telah dibuat ditempatkan pada layer paling atas diantara kumpulan ornamen persegi panjang kecil tersebut. Jika tidak ditempatkan pada layer paling atas, hasil clipping mask yang diperoleh hanya berupa blank objek karena bagian persegi panjang tersebut yang akan meng’clip gambar sketsa.

Mungkin sekian tips untuk design kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pemula design yang sering menggunakan teknik clipping mask. Jangan lupa untuk stay tune pada tips-tips design berikutnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: