Hipersensitifitas

Imunitas spesifik merupakan mekanisme yang ampuh untuk menyingkirkan patogen dan antigen asing. Mekanisme efektor sistem imun seperti komplemen, fagosit, sitokin, dan lain-lain tidak spesifik untuk antigen asing. Karena itu respon imun dan reaksi inflamasi yang menyertai respon imun kadang-kadang disertai kerusakan jaringan tubuh sendiri baik lokal maupun sistemik. Pada umunya efek samping demikian dapat dikendalikan dan membatasi diri (self-limited) dan berhenti sendiri dengan hilangnya antigen asing. Di samping itu, dalam keadaan normal ada toleransi terhadap antigen self sehingga tidak terjadi respon imun terhadap jaringan tubuh sendiri. Namun adakalanya reaksi atau respon imun itu berlebihan atau tidak terkontrol dan reaksi demikian disebut reaksi hipersensitivitas (Kresno, 2001).

Reaksi hipersentivitas dapat terjadi bila jumlah antigen yang masuk realtif banyak atau bila status imunologi seseorang, baik selular maupun humoral meningkat. Reaksi itu tidak pernah timbul pada pemaparan pertama dan merupakan ciri khas individu bersangkutan. Reaksi hipersensitivitas menimbulkan manifestasi klinik dan patologik yang sangat heterogen dan heterogenitas itu ditentukan oleh:

  1. jenis respon imun yang mengakibatkan kerusakan jaringan, dan
  2. sifat dan lokasi antigen yang menginduksi atau yang merupakan sasaran dari respon imun tersebut.

Berdasarkan mekanisme reaksi imunologi yang terjadi, secara umum reaksi hipersentivitas dibagi menjadi 4 golongan yaitu: reaksi hipersentivitas I, II, III dan IV. Klasifikasi itu didasarkan pada mekanisme patologik utama yang bertanggung jawab atas kerusakan sel atau jaringan. Reaksi tipe I, II, dan III terjadi karena interaksi antara antigen dengan antibodi sehingga termasuk reaksi humoral, sedangkan reaksi tipe IV terjadi karena interaksi antara antigen dengan reseptor yang terdapat pada permukaan limfosit T dan mengaktifkan limfosit T sehingga termasuk reaksi seluler (Kresno, 2001).

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: