Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah suatu istilah umum yang dipakai untuk mengatakan adanya invasi mikroorganisme pada saluran kemih, dimana terjadi peradangan pada saluran kemih yang disebabkan oleh mikroorganisme. Mikroorganisme yang paling sering sebagai penyebab dari infeksi saluran kemih adalah bakteri. Dari bakteri yang ada yang paling sering sebagai penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri E.Coli. Bakteri ini terdapat secara alamiah pada saluran cerna (anus). Infeksi saluran kemih adalah keadaan yang ditandai dengan adanya bakteri dalam urin dan pada pemeriksaan biakan didapatkan jumlah bakteri 105 per milliliter yang dapat disertai dengan gejala-gejala (simtomatik) atau tidak (asimtomatik).

Infeksi saluran kemih ini sering dijumpai pada wanita dan merupakan infeksi kedua sesudah infeksi saluran pernafasan. Infeksi ini juga lebih sering dijumpai pada wanita dari pada laki-laki, pada wanita dapat terjadi pada semua umur, sedangkan pada laki-laki di bawah umur 50 tahun jarang terjadi. Pada umumnya infeksi saluran kemih pada wanita terbatas pada saluran kemih bagian bawah yaitu uretra dan kandung kemih, akan tetapi dapat pula menyebar ke saluran kemih bagian atas sampai ke ginjal. Sebaliknya infeksi yang terjadi pada saluran kemih bagian atas hampir selalu disertai dengan infeksi saluran kemih bagian bawah (Junizaf, 1994).

Jenis-Jenis ISK:

· Sistitis adalah istilah untuk Infeksi Kandung Kemih yang sering dialami kaum wanita .Gejalanya seperti sering ingin buang air kecil dan terasa nyeri seperti terbakar , bahkan sering terdapat darah pada saat buang air kecil.

· Uretritis adalah infeksi pada saluran kemih yang sering terjadi pada  pria yang sering melakukan aktifitas seksual tanpa memperhatikan kesehatan.

· Pyelonefritis adalah infeksi pada pyelum ginjal yang sangat berbahaya sehingga dapat terjadi  gagal ginjal sehingga perlu cuci darah dengan alat yangdisebut hemodialisa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: